Kamis, 07 November 2013

pakaian anak

 JENIS BAJU ANAK

Banyaknya merek, model dan warna baju anak merupakan suatu tantangan untuk memilihnya. Pengelompokan baju anak dibedakan menurut jenis kelamin yaitu baju anak laki-laki dan baju anak perempuan.

Baju anak laki-laki umumnya hanya celana panjang, celana pendek, kemeja dan kaos. Sedangkan baju anak perempuan lebih beragam baik mode atau coraknya, misalnya untuk baju atas ada kaos rompi, blouse dan lain-lainnya. Untuk bawahan ada rok mini juga rok panjang. Selain celana panjang dan celana pendek, ada juga celana legging yaitu celana ketat untuk anak perempuan.


baju anak wanita

Umumnya memilih baju anak dibedakan menurut aktivitas kesehariannya, contohnya seperti berikut ini :

Baju Bermain
baju bermain
Untuk bermain, anak membutuhkan jenis pakaian yang bisa mendukung keleluasaan anak untuk bergerak. Karena itulah baju bermain untuk anak biasanya terbuat dari katun dan jeans. Sebaiknya baju bermain tidak berwarna putih atau berwarna terang untuk menghindari noda. Untuk bawahan bisa menggunakan warna dominan gelap. Ingat, anak selalu mengusap celana jika tangannya terkena kotoran. Dalam pikiran anak yang penting bermain, tak peduli pakaiannya kotor atau tidak.

Baju Seragam Sekolah
baju sekolah anak
Baju seragam sekolah umumnya terbuat dari bahan kaos dan katun. Mengenai model biasanya ditentukan oleh pihak sekolah. Selain kerapihan, kenyamanan adalah faktor lain yang harus diperhatikan. Contohnya rompi dan ornament dasi harus dipermudah cara memakainya. Selain itu berikan pengertian khusus pada anak bahwa baju seragam sekolah hanya untuk dipakai waktu sekolah. Tanamkan kedisiplinan pada anak untuk mengganti baju seragam dengan baju bermain. Ajari anak untuk membiasakan hal tersebut sehingga nantinya bisa mandiri.

Baju Pergi
baju bepergian untuk anak
Untuk baju pergi sebaiknya tidak memilih baju secara khusus untuk anak, karena bisa saja baju tersebut menjadi sempit jika disimpan terlalu lama. Untuk baju pergi sebaiknya memilih beberapa baju untuk bermain yang terlihat paling bagus supaya pemakaiannya lebih efektif.

Baju Tidur
baju tidur anak
Sama halnya dengan baju seragam sekolah, baju tidur sebaiknya terbuat dari bahan katun dan kaos namun lebih tipis. Baju tidur yang bagus terasa longgar jika dipakai oleh anak. Selain itu baju tidur sebaiknya bisa memberi efek dingin namun tidak membuat anak merasa kedinginan. Memberi baju tidur bisa berfungsi melatih kedisiplinan anak supaya dapat membedakan mana baju untuk tidur dan mana baju untuk aktivitas lainnya.

Baju Khusus
baju pesta anak
Disebut baju khusus karena pemakaiannya hanya pada waktu-waktu tertentu. Misalnya baju pesta, baju renang, baju olahraga dan lain-lainnya. Mungkin anak-anak merasa kurang nyaman dengan jenis-jenis baju ini. Untuk mengantisipasi ketidaknyamanan anak saat memakai jenis baju tersebut usahakan membawa baju ganti. Hal ini untuk menghindari kemungkinan baju rusak akibat gerakan anak yang merasa tidak nyaman dengan baju tersebut.

Memilih baju anak yang terpenting adalah sesuai dengan karakter anak. Bukan dari merek atau modelnya. Baju anak juga bukan miniatur baju orang dewasa, jadi sekali waktu usahakan memberi keleluasaan pada anak untuk memilih baju kesukaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar